MENAMPILKAN DAN EKSPORT CITRA LANDSAT 8 MELALUI GEE

Google Earth Engine (GEE) merupakan platform pengolahan citra digital berbasis cloud yang difasilitasi google. Di GEE bias mengolah citra tanpa perlu memiliki spek computer yang tinggi, hanya perlu internet saja. Platform ini memberikan kemudahan untuk pengolahan big data tanpa perlu penyediaan super computer sendiri. Di GEE terdapat berbagai dataset citra digital yang disimpan, dari citra digital resolusi rendah hingga resolusi menengah, dengan data historis yang cukup panjang, seperti MODIS, GSMAP, Landsat 5, Landsat7, Landsat8, Sentinel1, Sentinel2, dll. Platform ini berbasis pahasa pemrograman javascript. Kali ini akan dijelaskan proses menampilkan citra Landsat 8 yang banyak digunakan untuk berbagai tema analisis di Indonesia.

 

 

 

  • Perlu diketahui proses pengolahan melalui script GEE ini akan disimpan pada akun google drive akun kita, perlu dipastikan storage/kapasitas penyimpanan drive google yang cukup. Terlebih untuk pengolahan data yang luas untuk berbagai jenis/waktu citra.
  • Pada tab sebelah kiri ada menu sript, docs dan assets. Tab Script merupakan tempat penyimpanan script dari owner (pemilik akun), writer dan reader (sharing script dengan akun lain, akun kita hanya sebagai pembaca atau penulis juga) serta example (contoh-contoh script dari GEE nya).
  • Untuk memulai, kita bisa membuat repository atau tempat penyimpanan script di akun GEE kita. Klik New à repository à user/(namaakunGEE)/(namarepository)

 

 

  •  Sudah terbuat repository rosegislab pada akun GEE kita. Pada respository dapat menyimpan folder dan file script yang akan ditulis di GEE

 

 

  • Untuk membuat file script baru klik new à file \

 

 

  • Buat file di repository rosegislabs à OK

 

 

  • Kita akan membuat script pada file “menampilkanLandsat8”

 

 

  • Cari dataset Landsat 8 pada kotak search places and datasets.

 

 

  • Ada berbagai jenis citra landsat 8 baik yang masih raw, sudah dalam toa reflectrance, atau realtime data toa reflectance, penjelasan masing-masing data collection dapat dilihat dengan mengkliknya masing-masing. Kali ini kita akan menambahkan Landsat 8 Tier 1 TOA Reflectance.

 

 

Dalam deskripsinya, Landsat 8 tersebut sudah terkoreksi TOA reflektan yang terdiri dari B1, B2, B3, B4, B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11, BQA, BQABitmask (dapat dilihat di tab Bands)

 

  • Untuk menampilkan dalam script dapat melalui import atau copy collection snippet. Kali ini kita menggunakan import. Maka muncul pada panel script, data yang diimport tersebut.

 

 

  •  Untuk menambahkan area dapat menggunakan geometry pada gambar persegi di kiri bawah. Arahkan pada lokasi kajian dan sesuaikan geometri dalam bentuk persegi panjang. Untuk mengarahkan dapat menggunakan hand tool. Misalnya area di Yogyakarta seperti dibawah ini.

 

 

  • Maka muncul var geometry  pada imports
  • Untuk menampilkan data landsat 8 pada area tersebut dapat mengetik script dengan mebuat variable imagenya. Dengan filter waktu dan filter area. . memisahkan fungsi kemudian diikuti () untuk parameternya. Dicontohkan sebagai berikut:

 

var image = imageCollection

 

            .filterDate(‘2020-01-01’, ‘2020-05-12’)

 

            .filterBounds(geometry)

 

Script tersebut untuk membuat variable citra landsat 8 untuk mosaik waktu 1 januari 2020 hingga 12 mei 2020 pada batas area Yogyakarta seperti diatas.

 

 

  • Untuk menampilkan pada peta dapat menggunakan fungsi MapAddLayer. Pada fungsi ini dapat juga memunculkan komposit citra dari berbagai band yang ada.

 

Map.addLayer(image, {bands: [‘B6’, ‘B5’, ‘B4’], max: 0.35}, ‘Landsat8_654_Jogja’);

 

Klik run untuk menampilkan dan citra akan muncul pada layer

 

 

Terdapat 4 scene pada area geometry yang dipilih. Pada tab inspector dapat di klik di citra yang ditampilkan. Inspector tersebut menunjukan dataset selama januari – mei 2020 terdapat 13 data.

 

  • Kemudian untuk mengeksport hasil peta yang ditampilkan dapat menggunakan fungsi Export.image.toDrive.

 

Export.image.toDrive({image: image, scale: 30, description: ‘Landsat8, fileNamePrefix: ‘Landsat8_654_Jogja’,  region: geometry, maxPixels: 1e13});

 

Image merupakan var image yang dieksport, scale merupakan ukuran piksel yang diekspor, deskripsi dan file name untuk penamaan di drive, region untuk geometry area yang dipilih, dan max piksel untuk jumlah piksel maksimum yang diekspor ke drive.

 

Catatan: setiap fungsi ddikuti(), parameter dalam tanda petik, Jika ada kesalahan script akan ada tanda silang merah di sebelah kiri.

 

 

  • Untuk merun semua script, menampilkan citra dan mengeksporcitra dapat melalui run diatas script. Maka pada tab Task akan muncul warna orange dan muncul data yang siap di ekspor ke gdrive.

 

 

  • Klik run pada task à dan klik run pada task initiate image export. Citra tsb akan diekspor di root folder drive kita dengan nama sesuai penamaan di script.

 

 

Proses running ditunjukan pada tab Task.

 

 

  • Jangan lupa simpan script melalu menu save diatas script.

 

  • Jika sudah selesai akan muncul tanda centang pada citra Landsat8 tersebut. Proses export ini butuh waktu sesuai ukuran data yang diekspor. Data dapat didownload melalui gdrive kita.

 

 

 

@khalifahinsan

 

***SEMOGA BERMANFAAT***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s