MENGUNDUH CITRA RADAR SENTINEL 1

Tutorial sebelumnya membahas tentang deteksi tumpahan minyak dapat menggunakan data penginderaan jauh salah satunyas citra radar SENTINEL 1.  Data citra ini dapat kita unduh secara gratis melalui alamat website berikut https://scihub.copernicus.eu/. Pertama buka halaman website https://scihub.copernicus.eu/ pada browser. Jika kita sudah masuk ke dalam halaman website tersebut kita akan menemukan empat access point. Untuk mendonwload data seluruh misi SENTINEL, klik pada Open Hub.

snap-0101

Kita akan diarahkan ke halaman https://scihub.copernicus.eu/dhus/#/home , dimana kita dapat menngunduh citra SENTINEL di sini. Untuk menggeser peta ke area yang kita kehendaki, klik kanan pada mouse dan drag ke tempat yang kita inginkan.

snap-0102

Untuk dapat mendonload citra sentinel kita memerlukan registrasi telebih dahulu. Jika belum memiliki akun kita bisa klik pada bagian SIGN UP dan akan mengarahkan kita pada halaman regitrasi. Isi semua data yang diperlukan dan jika sudah selesai kita akan mendapatkan email untuk verifikasi.

snap-0103

Jika kita sudah memiliki akun, maka tinggal LOGIN. Isi username dan password.

snap-0104

Jika sudah kita bisa mulai memilih citra untuk kita unduh. Sebelumnya kita dapat mengubah peta dasar dari tampilan pada halaman Sentinel dengan klik pada icon layer pada sebelah kanan atas.

snap-0105

Selanjutnya kita dapat memulai pencarian citra Sentinel 1. Klik pada bagian kiri atas dan pilih pada simbol berikut  snap-0116 untuk melakukan Advanced Search.

snap-0106

Karena kita akan mencari citra radar Sentinel 1 maka centang pada Mission: Sentinel-1. Pada bagian Satellite Platform kita bisa memilih S1A atau S1B. Sedangkan pada bagian Product Type terdapat tiga pilihan SLC (Single Look Complex), GRD (Ground Range Detected), dan OCN (Level-2 Ocean). Produk SLC terdiri dari data radar yang sudah terfokuskan, geo-referensing menggunakan data orbit dan ketinggian dari satelitnya, dan tersedia pada slant-range geometry. Pada produk ini informasi phase masih tersedia. GRD terdiri data SAR yang terfokuskan, multi-looked dan sudah terprojeksi pada ground range menggunakan model ellipsoid seperti WGS84. Koordinat ground range adalah slant range koordinat yang terprojeksikan ke dalam ellipsoid bumi. Nilai piksel hanya merepresentasikan magnitude dan sudah kehilangan informasi phase. Hasilnya, produk GRD hampir memiliki resolusi piksel yang kotak dengan speckle yang sudah tereduksi dan berdampak pada berkurangnya resolusi spasial citra. OCN merupakan produk turunan dari level 1 yang dapat berisi informasi geofisik seperti angina, gelombang, dan arus laut.

snap-0107

Selanjutnya, Sensor Mode berisi SM (Stripmap) , IW (Interferometrc Wide Swath), EW (Extra Wide Swath), dan WV (Wave Mode).

snap-0108

Mode SM merekam data pada luasan 80 km dan memiliki resolusi spasial 5 m x 5 m (single look) dan memiliki polarisasi dual (HH+HV, VV+VH) dan single (HH, VV). IW merupakan perekaman utama yang focus pada daratan dimana luasan perekaman adalah 250 km dan memiliki resolusi spasial 5 m sampai 20 m (single look) dan memiliki polarisasi dual (HH+HV, VV+VH) dan single (HH, VV). EW sama dengan mode IW yang menggunakan teknik TOPSAR untuk memperoleh data pada area yang luas menggunakan lima sub-swaths, dimana mode EW merekam data pada luasan 400 km dan memiliki resolusi spasial 20 m sampai 40 m dan memiliki polarisasi dual (HH+HV, VV+VH) dan single (HH, VV). Mode WV mengambil data pada luasan 20 km x 20 km dengan resolusi 5 m x 5 pada setiap 1000 km sepanjang orbit, dan terdapat dua incidence angle dalam perekamannya dimana setiap 200 km incidence angle akan sama.

s1_image_modes

Sumber : eo-college.org

Kali ini kita akan mengunduh citra Sentinel 1 dengan jenis produk GRD dan sensor mode IW. Jika kita ingin mencari semua tanggal perekaman maka kita tidak perlu mengisi Sensing period ataupun Ingestion period.

snap-0109

Jika sudah memilih produk Sentinel 1 kita dapat memilih area mana yang kita akan unduh. Buat kotakan pada area yang akan kita unduh dengan klik kiri dan drag sampai membentuk kotakkan.

snap-0110

Selanjutnya klik pada search, maka akan muncul daftar citra yang dapat kita unduh.

snap-0111

Kita dapat langsung unduh melalui ikon unduh dan jika kita ingin mengetahui meta data citra maka klik pada icon mata.

snap-0112

Kemudian klik pada tombol unduh pada kanan bawah.

snap-0113

Dan tunggu hingga selesai mengunduh.

snap-0114

source : eo-college

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s