INDEKS VEGETASI MENGGUNAKAN R

Bahasa pemrograman R memiliki banyak fungsi untuk mengolah data spatial dianataranya adalah untuk membuat indeks vegetasi. Tutorial kali ini hanya akan membuat indeks vegetasi NDVI (Normalized Difference Vegetation Index). Dimana kita tahu bahwa NDVI merupakan indeks vegetasi yang sering digunakan untuk menonjolkan vegetasi, karena nilai NDVI memiliki korelasi dengan tingkat kerapatan tutupan lahan, kesehatan tanaman, dan biomassa.

Pertama Buka Rstudio, kemudian pilih pada menu File  New File Rscript untuk membuat file R baru. Untuk mengolah data raster kita memerlukan packages tertentu yang dapat dimunculkan melalui fungsi library(), packages yang kita butuhkan adalah rgdal, raster, dan caret.

r-1001

Untuk memunculkan data kita menggunakan fungsi RasterBrick atau RaterStack yaitu dengan menuliskan brick()

r-1002

Untuk membuat NDVI kita perlu terlebih dahulu membuat fungsi general dari NDVI. Berikut adalah fungsi NDVI, function(img, a, b) mewakili saluran merah dan inframerah dekat seperti dijelaskan pada kode selanjutnya bm <- img[[a]], bnir <- img[[b]], dimana a merupakan saluran merah dan b merupakan saluran inframerah dekat. Vi merupakan formula dari NDVI. Kode ndvi <- NDVI(r, 3, 4) yang berarti bahwa NDVI merupakan fungsi umum, r merupakan img, 3 dan 4 merupakan saluran citra merah dan inframerah dekat.

r-1003

Jangan lupa tekan tombol Run, untuk memvisualisasikan kita membutuhkan fungsi plot()

r-1004

Hasilnya adalah berikut, nilai indeks vegetasi dengan rantang nilai – 0.4 sampai 0.6

r-1005

Visualisasi NDVI di atas masih memunculkan semua objek baik vegetasi maupun non vegetasi, kita dapat membuat batasan untuk menampilkan vegetasi saja. Nilai batas yang digunakan adalah 0,1 karena di bawah nilai tersebut adalah non vegetasi. Kita membutuhkan fungsi calc() seperti kode di bawah yang menunjukkan semua nilai di atas 0,1 adalah vegetasi dan yang lainya akan dijadikan NA atau tidak ikut dianalisis.

r-1006

Lakukan visualisasi kembali plot()

r-1007

Berikut adalah hasilnya, hanya menampilkan objek vegetasi saja.

r-1008

Sumber : Rspatial.org

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s