TASSELED CAP TRANSFORMATION RSTOOLBOX

Indeks vegetasi merupakan jenis dari transformasi citra yang menggunakan hanya dua atau tiga saluran, khususnya merah dan inframerah dekat. Terdapat transformasi lain  yang dapat menggunakan seluruh saluran citra seperti Landsat 4, Landsat 5, Landsat 7, dan Landsat 8. Contoh paling terkenal adalah transformasi Kauth dan Thomas (1976) yang lebih dekenal sebagai Tasseled Cap Transformation (TCT). Hasil transformasi ini dapat berupa sumbu kecerahan (brightness), kehijauan (greenes), dan kelayuan (yellowness) dan ketidak tentuan (non such). Citra atau sumbu kecerahan berkaitan dengan latar belakang tanah, sumbu atau citra kehijauan berkaitan dengan latar belakang vegetasi, dan kekuningan menggambarkan variasi menguningnya daun atau layunya tanaman (Danoedoro, 2012).

Untuk melakukan proses Tasseled Cap Transformation menggunakan R dengan Rstoolbox kita memerlukan packages Rstoolbox” informasi lebih lanjut kunjungi halaman Rstoolbox. Munculkan packages tersebut melalui fungsi library, yang diantaranya adalah rgdal, raster, dan caret, Rstoolbox, reshape2, ggplot2, dan gridExtra.

r-0801

Munculkan citra melalui fungsi Brick. Melalui package Rstoolbox kita dapat memunculkan citra komposit melalui funsgi ggRGB seperti kode di bawah ggRGB(r,4,3,2), dimana 4,3,2 merupakan saluran citra dari r.

r-0802

Klik Run, dan berikut adalah tampilan komposit citranya.

r-0803

Rstoolbox menyediakan fungsi yang dapat untuk mengekstrak TCT yang berisi indeks kecerahan, indeks kehijauan, dan indeks kebasahan. Saat ini Rstoolbox dapat diimplementasikan pada citra Landsat 4 TM, Landsat 5 TM, Landsat 7ETM+, Landsat 8 OLI and MODIS. Input data harus menggunakan data yang sudah pada sampai level top of atmosfer dan saluran tersusun sesuai urutan. Untuk memulai pemrosesan, cukup menuliskan fungsi tasseledCap(r, sat =”Landsat7ETM”) , dimana r adalah citra, dan sat  adalah algoritma yang digunakan untuk pemrosesan, jika kita punya Landsat7 maka kita menuliskan “Landsat7ETM”.

satelit saluran sumber koefisien
Landsat4TM 1,2,3,4,5,7 Crist 1985
Landsat5TM 1,2,3,4,5,7 Crist 1985
Landsat7ETM 1,2,3,4,5,7 Huang 2002
Landsat8OLI 2,3,4,5,6,7 Baig 2014
MODIS 1,2,3,4,5,6,7 Lobser 2007

r-0804

Klik Run dan akan muncul rangkuman hasilnya sebagai berikut.

r-0805

Jika kita ingin menampilkan citra hasil transformasi kita tinggal menggunakan fungsi plot().

r-0806

Klik Run, dan berikut adalah hasilnya, yang terdiri dari citra kecerahan, kehijauan, dan kebasahan.

r-0807

Sumber : Rstoolbox

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s