ILWIS: INDEKS VEGETASI

Tutorial kali ini akan membahas cara membuat indeks vegetasi menggunakan ILWIS. Indeks vegetasi dapat dibentuk melalui pembagian, pengurangan, perkalian, atau penjumlahan dua saluran citra atau lebih. Perlu diperhatikan juga bahwa indeks vegetasi merupakan salah satu bentuk dari rasio citra, dimana terdapat bentuk indeks – indeks lain yang menonjolkan objek lain tergantung dari karakteristik reflektan saluran citra yang digunakan, misal menonjolkan bangunan dan kandungan air. Contoh rasio indeks vegetasi antara inframerah dekat / merah berguna untuk menonjolkan wilayah bervegetasi sehat dan tidak.

Banyak kombinasi dari saluran – saluran citra yang diolah secara matematik menunjukkan kesensitifan pada kondisi kehijauan vegetasi, biomassa, dan kesebatan tanaman. Pada tutorial ini kita hanya akan membahas NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) yang mana peka terhadap vegetasi karena menggunakan saluran merah dan inframerah dekat yang memiliki perbedaan pantulan yang sangat tinggi pada objek vegetasi. NDVI merupakan indeks yang menormalisasi indeks vegetasi VI (inframerah dekat / merah) karena memiliki rentang -1 sampai +1 sedangkan VI memiliki rentang 0 – puluhan atau ratusan. Indeks vegetasi tersebut dapat meminimalisir perbedaan kondisi penyinaran objek, kemiringan lereng, dan arah hadap leereng.

Data yang kita gunakan adalah citra Landsat 7 (LE7_20000606_Indy_subset )dari Multispec. Buka atau import citra tersebut, dan kita siap untuk membuat indeks vegetasi. Pada Operation-Tree pilih Rater Operations Map Calculations

ilwis-0101

Maka akan muncul jendela Map Calculation, expression merupakan tempat kita menuliskan formula untuk indeks vegetasi.

ilwis-0102

Untuk membuat indeks vegetasi kita harus mengetahui formula indeks vegetasi, kemudian kita menuliskannya pada Expression – Map Calculation. Kita tuliskan nama citra masing – masing seperti di bawah. NDVI = (NIR – M)/ (NIR + M), dimana NIR = LE7_20000606_Indy_subset_B4 dan M = LE7_20000606_Indy_subset_B3.

ilwis-0103

Pada pilihan Output Raster Map tulis nama yang kita butuhkan, sedangkan untuk Domain kita ganti dengan value, karena nilai NDVI merupakan nilai desimal sehingga kita membutuhkan anka float.

ilwis-0104

Ubah Value Range menjadi -1 sampai 1 seperti gambar di bawah. Dan klik Define

ilwis-0105

Maka pada jendela folder akan muncul citra baru hasil NDVI. Klik dua kali untuk membuka untuk megetahui hasilnya.

ilwis-0106

Berikut adalah hasilnya, berdasarkan legenda dapat diketahui bahwa semakin merah maka nilai indeks vegetasi semakin tinggi, dan yang berwarna biru merupakan bangunan dan biru yang gelap merupakan tubuh air. Rentang nilainya adalah -0.6 sampai 0.8.

ilwis-0107

Untuk mengetahui lebih jelas buat citra komposit 431, yang menonjolkan informasi vegetasi.

ilwis-0108

Sumber : Tutorial Ilwis 06

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s