MULTISPEC : MENGGABUNGKAN BEBERAPA FILE CITRA MENJADI SATU FILE CITRA MULTISPECTRAL

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara menggabungkan beberapa file individu beberapa citra menjadi satu file citra atau sering disebut layer stacking menggunakan software Multispec. Menggabungkan beberapa citra menjadi satu kadang – kadang kita butuhkan untuk melakukan analisis atau memproses citra, seperti klasifikasi multispectral dan PCA. Data yang akan kita gunakan adalah LE7_20000606_Indy_subset_Bn.tif (saluran 1 – 7), yang dapat diunduh pada halaman Multispec.

Multispec memiliki dua cara untuk menggabungkan citra individu menjadi satu file, pertama yaitu menggunakan “Logically Linking” yaitu menghubungkan beberapa file secara bersamaan dan diperlakukan seperti menjadi satu file citra, kedua yaitu membuat satu file baru yang menggabungkan beberapa citra. Sering kali kita menggunakan citra Landsat berbagi jenisnya, seperti kita tahu file Landsat disimpan setiap saluran satu file. Citra Landsat yang akan kita jadikan sebagai contoh dalam tutorial kali ini.

Sebagai catatan : kita dapat menghubungkan beberapa citra secara bersama yang mencerminkan multi-temporal pada lokasi yang sama, dimana jumlah baris dan kolom harus sama setiap citra.

Pendekatan pertama yang akan kita gunakan adalah multiple selection (Logically Linking), dimana kita membuka semua secara bersamaan yang kemudian dihubungkan menjadi satu. Pilih menu File  Open Image

multispec-0501

Maka akan muncul dialog box Open, jika jika memilih satu file maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah hanya ada pilihan Open image as:

multispec-0502

Tapi jika kita memilih beberapa file maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, Open image as: Multispectral type (otomatis) dan muncul tambahan pilihan Link selected file to new image window.  Klik Open

multispec-0503

Kemudian muncul kotak dialog Display Specification, kita disini memilih bagaimana citra tersebut ditampilkan, sebagai komposit atau sebagai saluran tunggal. Kita dapat mengganti komposit saluran melalui Chanels: tidak 432, tapi bisa 431 dan komposit lainya sesuai kebutuhan. Biarkan pilihan default, klik Ok

multispec-0504

Maka akan muncul tampilan sebagai berikut, citra komposit yang menonjolkan pantulan vegetasi pada inframerah dekat.

multispec-0506

Catatan : Multispec akan mengurutkan citra Landsat berdasarkan panjang gelombangnya, sehingga urutannya akan sesuai dari saluran dengan panjang gelombang pendek ke panjang gelombang tinggi, seperti ditunjukkan output statistik berikut.

multispec-0507

Sekarang kita akan mencoba mengubah untuk menampilkan ke sembilan citra tersebut menjadi single file bukan komposit. Pilih Processor   Display image…

multispec-0508

Kotak dialog Display Spesification akan muncul, dan pada Display, Type pilih Side by Side Channels.

multispec-0509

Maka hasilnya adalah sebagai berikut,

multispec-0510

Sekarang kita dapat melakukan analisis atau pemrosesan Display Image, Histogram, List Data, Principal Components, dan Reformat Processor, tapi kita belum dapat menggunakan data tersebut untuk klasifikasi multispektral atau belum bisa menggunakan citra sebagai citra dasar suatu project.

Selanjutnya adalah menampilkan citra secara bersamaan tetapi tidak berdasarkan urutan panjang gelombang tapi kita dapat menampilkan sesuai urutan kita sendiri. Pertama buka satu citra seperti biasa. File  Open Image

multispec-0511

Maka muncul kotak dialog Display Specification, klik Ok.

multispec-0512

Setelah muncul citra pada jendela Multispec, kita akan membuka lagi citra baru File  Open Image. Pada kotak dialog Open sebelah kiri bawah dari “ Do not link” ke Link selected file (s) to active windo” kemudian pilih citra baru lagi, kemuidan klik Open, maka kotak dialog Open masih akan tetap terbuka sampai kita menekan Cancel, jadi sebelum menekan cancel pilih file yang kita butuhkan.

multispec-0513

Maka hasil akan sepeti gambar di bawah, ditampilkan dalam bentuk file per file. Seperti sebelumnya, sekarang kita dapat melakukan analisis atau pemrosesan Display Image, Histogram, List Data, Principal Components, dan Reformat Processor, tapi kita belum dapat menggunakan data tersebut untuk klasifikasi multispektral atau belum bisa menggunakan citra sebagai citra dasar suatu project.

multispec-0514

Selanjutnya adalah menggabungkan beberapa file menjadi satu file, kita telah tahu cara menampilkan beberapa citra dalam satu citra tapi bukan dan bentuk file sehingga tidak bisa digunakan untuk klasifikasi dan lainya, sehingga kita perlu menyimpan apa yang telah kita buka sebelumnya menjadi satu file tersendiri. Pilih menu Processor   Reformat  Change Image File Format…

multispec-0515

Maka akan muncul kotak dialog Image File Format Change Spesification. Biarkan default tapi jika kita ingin menggantinya jika kita ingin. Untuk header kita simpan dalam bentuk GeoTIFF, karena informasi proyeksi peta diketahui dan jadi satu dengan citra.  setelah semua diatur klik OK.

multispec-0516

Simpan dengan nama sesuai yang kita butuhkan. Sekarang citra yang telah kita simpan mampu digunakan untuk klasifikasi atau sebagai citra dasar untuk sebuah project.

Selanjutnya kita akan menyamakan resolusi spasial suatu citra dengan citra lainya (resizing). Seperti kita tahu bahwa Landsat saluran termal memiliki resolusi spasial yang berbeda dengan Landsat saluran multipsektral. Kita tidak akan bisa menggabungkan file citra Landsat saluran thermal menjadi satu file atau dimunculkan bersama jika ukuran antar citra tersebut belum sama. Langkah yang perlu kita lakukan adalah pilih menu File  Open Image File  salah satu citra Landsat saluran multispectral seperti biasa (LE7_20000606_Indy_subset_B1.tif).

multispec-0517

kemudian kita buka File  Open Image File  file citra Landsat saluran thermal (LE7_20000606_Indy_subset_B61.tif)

multispec-0518

Berikut adalah citra saluran multipectral dan thermal

multispec-0519

Kemudian untuk menyamakan resolusi spasial, Pilih menu Processor   Reformat  Rectify image…

multispec-0520

maka akan muncul kotak dialog Image Rectification Parameter, pilih “Reproject” pada Reference: pilih citra landsat LE7_20000606_Indy_subset_B1.tif, yang merupakan sebagai acuan, kemudian, klik Ok.

multispec-0521

Kemudian simpan dengan nama yang sesuai. Sekarang buka lagi citra yang telah kita ubah resolusi spasialnya, maka kita akan mendapati Area to Display sudah sesuai dengan citra Landsat saluran multispektral.

multispec-0522

Multispec juga dapat membuka file .hdf citra ASTER, pilih File  Open Image File  AST_L1B_003100120051001.hdf. Maka akan muncul kotak dialog Multispectral File Format Spesification, pada Data Set: pilih saluran mana yang akan kita buka file .hdf aster, pilih ImageData1_G1, maka akan membuka file yang memiliki resulusi sama pada citra aster dalam hal ini saluran VNIR : 1, 2, dan 3N.

multispec-0523

Berikut data yang ditampilkan dan keterangan statistiknya.

multispec-0524

pilih File  Open Image File  AST_L1B_003100120051001.hdf. Maka akan muncul kotak dialog Multispectral File Format Spesification, pada Data Set: pilih saluran mana yang akan kita buka file .hdf aster, pilih ImageData4_G2, maka akan muncul file citra ASTER saluran SWIR : 4- 9.

multispec-0525

Berikut data yang ditampilkan dan keterangan statistiknya.

multispec-0526

pilih File  Open Image File  AST_L1B_003100120051001.hdf. Maka akan muncul kotak dialog Multispectral File Format Spesification, pada Data Set: pilih saluran mana yang akan kita buka file .hdf aster, pilih ImageData10_G3, maka akan muncul file citra ASTER saluran TIR : 10- 14.

multispec-0527

Berikut data yang ditampilkan dan keterangan statistiknya.

multispec-0528

Sumber : Tutorial Multispec

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s