MULTISPEC : KLASIFIKASI MULTISPEKTRAL UNSUPERVISED

Kali ini kita akan membahas tahapan klasifikasi multispektral menggunakan free software Multispec. Pada software ini terdapat dua macam algoritma klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan piksel citra yang sama menjadi kluster atau kategori sesuai kebutuhan. Algoritma pertama adalah simple one-pass (Single Pass…) dan yang kedua adalah ISODATA yang merupakan algoritma bersifat iteratif. Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan algoritma klasifikasi ISODATA.

Data yang dibutuhkan dalam tutorial kali ini adalah citra “ag020522_DPAC_cd.lan” yang dapat diunduh melalui link berikut multispect.

Pertama buka citra melalui pilih Menu ‣  Open Image  ‣  pilih ag020522_DPAC_cd.lan maka akan muncul gambar seperti di bawah.

multispec-0301

Selanjutnya untuk memulai klasifikasi pilih menu Processor ‣  Cluster

multispec-0302

Maka akan muncul kotak dilaog Cluster Spesification, untuk memilih dan mengatur keluaran seperti apa yang kita inginkan,  seperti gambar di bawah

multispec-0303

Sebelum melakukan pengaturan pada algoritma ISODATA, kita atur dulu format keluaran pengolahan baik citra maupun laporannya melalui Write Cluster Report/Map To: Pilih sesuai kebutuhan kali ini semua dicentang kecuali Text Disk File, karena kita tidak akan mnyimpan hasil statistik citra dalam file tapi hanya pada jendela pengolahan. Centang Cluster mask file: pilih GeoTIFF, dan centang Image window overlay untuk menampilkan hasil klasifikasi pada layer yang sama dengan citra komposit yang telah dibuat.

multispec-0304

Setelah semua yang diperlukan sudah centang, pilih Algoritm ISODATA, kotak dialog ISDATA Cluster Spesification akan muncul.

multispec-0306

Pada Number cluster: isikan kelas klasifikasi yang kita butuhkan, dalam tutorial ini kita isi dengan 7 kelas. Isikan 100 pada Convergence (%), biasanya convergence diatur kurang dari 100 sehingga proses tidak berlangsung lama untuk selesai. Kita menggunakan 100 karena kita akan dapat melihat perubahan piksel dari kelas satu ke kelas lainnya sesuai yang seharusnya. dan atur interval pada Area to Cluster: 1. Kemudian pilih OK.

multispec-0307

Setelah itu kita akan kembali pada kotak dilaog Cluster Spesification, kemudian klik OK, Maka akan muncul kotak dialog untuk menyimpan, simpan denga nama yang kita inginkan. Seperti gambar di di atas. Kemudian pilih Save.

Setelah disimpan maka hasil klasifikasi terbentuk seperti gambar di bawah. Pada prosesnya kita dapat melihat perubahan kelas pada setiap piksel sampai proses iterasi berakhir dan hasil iterasi terakhir yang disimpan pada komputer.

multispec-0308

Selain peta kita juga mendapatkan laporan dalam bentuk text yang ditampilkan pada jendela Text Output. Informasi yang ditampilkan adalah nilai mean setiap saluran pada setiap kelas klasifikasi yaitu pada permulaan iterasi sampai hasil final iterasi. Selain itu kita juga bisa mengetahui luasan kelas hasil klasifikasi dimana sebelumnya kita harus mengatur satuan luasannya, dalam tutorial kali ini yang digunakan adalah Hektar.

multispec-03089

Kita dapat menampilkan hasil klasifikasi atau citra komposit kita dengan menekan tombol merah O, seperti gambar di bawah.

multispec-03010

Sekarang kita akan menampilkan citra hasil klasifikasi, File ‣ Open Image…

multispec-0311

Pilih citra hasil klasifikasi ag020522_DPAC_cd_clMask.tif, kemudian pilih OK.

multispec-0312

Maka akan muncul kotak dialog Thematic Display Spesification, biarkan default dan pilih OK.

multispec-0313

Maka akan muncul jendela citra baru dengan legenda pada sebelah kiri citra yang menunjukkan kelas setiap kluster.

multispec-0314

Kita dapat membandingkan antara citra hasil klaifiaksi dengan citra hasil komposit untuk melihat mana yang vegetasi, lahan terbuka, atau lainnya.

Terdapat beberapa perlakuan yang dapat kita lakukan untuk mengevaluasi citra. Gerakkan kursor pada kelas klasifikasi pada legenda, maka akan muncul seperti mata dan klik kiri pada mouse maka kelas yang di klik kiri akan menjadi putih. Hal ini bertujuan untuk dapat mengetahui mana saja persebaran kelas tertentu hasil klasifikasi dengan membuatnya putih sehingga mudah terlihat.

multispec-03115

Kita juga dapat mengubah nama kluster sesuai keinginan kita, dengan cara klik dua kali pada legenda hasil klasifikasi kemudian muncul kotak dialog Edit Thematic Class Name, klik OK.

multispec-0316

Selain itu kita juga dapat mengubah warna dengan mengklik pada warna yang terdapat pada legenda.

multispec-0317

Kita juga dapat menggabungkan hasil klasifikasi yang menurut kita sebenarnya sama tapi dibedakan menjadi kelas berbeda dengan memilih Class/Groups pada popup yang terdapat pada legenda legenda, kemudian kita drag atau geser ke kelas yang kita anggap sama, sepeti gambar di bawah contohnya.

multispec-0318

Sumber : Multispec

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s