MULTISPEC : PENAJAMAN CITRA

Tutorial ini bertujuan untuk memberikan bagaimana bagaimana citra ditampilkan dalam bentuk penajaman citra. Kita dapat melakuan kontrol terhadap penajaman citra multispektral melalui lima opsi pilihan yang berbeda pada dialog box Set Display Specification for: pada bagian Enhancement yang meliputi Bits of color, Stretch, Min-maxes, Treat “0” as, dan Display level per chaNnel.

Menu ‣  Open Image ag020522_DPAC_cd.lan.

ms-0201

Pada tampilan dialog box Set Display Specification for: Bits of color adalah 24 dan Display levels per channel adalah 256 pada seluruh layar monitor  untuk jumlah minimum warna yang mungkin. Kita dapat menurunkan niliainya untuk mngetahui hasilnya

ms-0202

Kita mengubah Number of display levels menjadi 2 dan Bits of color menjadi 8, maka kan menghasilkan tampilan sebagai berikut. Pada gambar kiri mengilustrasikan 256 level per saluran (jutaan warna), sedangkan gambar kanan hanya 2 level per saluran (8 warna).

ms-0203

Selanjutnya adalah menampilkan Treat ‘0’ as. Mengisi Treat ‘0’ as dengan data, maka nilai 0 akan ditampilkan hitam. Walaupun begitu, jika 0 merepresentasikan background atau “no data”, kita dapat mengubahnya menjadi putih pada seluruh saluran.

ms-0204

Maka akan tampak seperti gambar di bawah

ms-0206

Selanjutnya adalah Stretch, yang memiliki tiga jenis pilihan diantranya adalah Linier, Equal Area, dan Gaussian. Pada konteks penajaman Linier, interval data gray scale dibagi secara sama pada seluruh rentang data. Equal area, penajaman didasarkan pada frekuensi piksel yang sama, dimana penajaman ini termasuk penajaman non – linier yang akan menghasilkan kontras yang maksimum. Penajaman Gaussian akan memasukkan nilai piksel citra gray scale ke dalam interval yang mewakili kurva Gaussian.

ms-0207

Maka tampilan akan seperti berikut, dari kiri ke kanan : Linier, Equal Area, dan Gaussian

Selanjutnya dengan pilihan Min-maxes, kita dapat menentukan sendiri nilai akhir dan awal pada hsitogram citra untuk menajamkan nilai citra asli. Entire Range  membuat data akan terentangkan mulai data paling rendah, 0 untuk data 8 bit unsigned, dengan rona warna hitam dan 255 menjadi nilai paling tinggi, dengan rona warna putih. Meskipun begitu, jika rentang nilai data hanya 50 -150, maka data akan direpresentasikan hanya gray tidak sampai hitam ke putih yang menyebabkan tidak terlalu kontras pada citra.

Pilihan 2 % tail clipped menyebabkan nilai awal dan nilai akhir merepresentasikan nilai data yang dua persenya menjadi diluar histogram. Tujuan dari penajaman ini adalah untuk mengurangi data outlier yang dapat mempengaruhi tampilan citra. penajaman 2% biasanya menghasilkan tampilan paling bagus diantara yang lain.

Setelah membuka citra, pilih Processor Display image

ms-0209

Maka muncul dialog box Set Display Specification for:  pada Enchanment pilih Stretch User Specified..

ms-0210

Maka muncul dialog box Set Spesifications for Display Enchancment

ms-0211

Kita dapat memilih, Entire data range, atau Channel min/max with percent of tail clipped dengan berbagai angka, misal 2 % dan 4 %.

ms-0212

Dari kiri ke kanan : Entire data image, 2%, dan 4%

Sumber : Multispec

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s