MULTISPEC : MENAMPILKAN DAN MEMERIKSA DATA CITRA

Tujuan dari tutorial ini adalah menampilkan data citra dengan beberapa cara menggunakan software Multispec. Data yang digunakan adalah citra yang diambil di Indiana, dengan nama file ag020522_DPAC_cd.lan.

Pertama buka software Multispec melalui shortcut pada desktop atau melalui Startup menu. Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:

ms-0101

Untuk membuka gambar, pilih Menu ‣  Open Image ,

ms-0102

maka dialog box akan muncul untuk dapat memilih file yang akan dibuka. Format data yang dapat dibuka meliputi .bil, .ecw, .hdf, .img, .jpg, .jp2, .lan, .tif, .png, .nc, .h5, .grb. Pilih data citra ag020522_DPAC_cd.lan

ms-0103

Maka akan muncul kotak dialog box Set Display Specification for: citra ini terdiri dari 709 baris x 1501 kolom piksel pada perekaman 22 mei 2002.

ms-0104

Tampilan diatas adalah tampilan default, area citra didesain untuk ditampilkan secara keseluruhan dan dalam 3-Chanel Color, seperti pada Display Type. Tampilan default menunjukan bahwa saluran 3 menjadi merah, saluran 2 menjadi hijau, dan saluran 1 menjadi biru. Klik OK. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah, citra berwarna atau komposit warna.

ms-0105

Terdapat tahap yang tidak terjadi pada segala kondisi. Jika histogram data sebelumnya belum dikalkulasi dan disimpan dalam bentuk file .sta, maka dialog box lainya akan muncul yang mengijinkan citra untuk dikalkulasikan dan disimpan, sehingga nilai data dapat dimasukkan secara benar pada setiap warna layar. Jadi klik Ok. Setelah seluruh histogram setiap saluran dikalkulasi , maka informasi akan disimpan dalam bentuk  ag020522_DPAC_cd.sta, sehingga tidak butuh dikalkulasikan lagi jika dibutuhkan lagi.

ms-0106

Pada toolbar menu terdapat dua kotakan dengan gambar seperti gunung kecil dan besar. Toolbar ini berfungsi sebagai pembesar (zooming), zoom in pada toolbar seperti gambar gunung besar dan zoom out seperti gambar gunung kecil. Selain itu terdapat toolbox X 1, yang berfungsi sebagai perbesaran langsung pada sebesar 1 kali. Untuk melakukan perbesaran dengan cara lain adalah, tekan tombol CTRL dan tombol arah bawah bersamaan dengan menekan toolbar zoom baik gambar gunung kecil atau besar, dimana perbesaran akan menggunakan faktor 0,1 kali dari pada 1 kali. Dengan kata lain perbesaran akan berubah dari 1.0, 1.1, 1.2 dst daripada 1, 2, 3 dst. Kita juga dapat memperbesar area menarik bagi kita, yaitu dengan cara buat kotakan pada area yang akan kita perbesar dengan klik kiri kemudian tarik hingga berbentuk kotak, kemudian lakuan zooming.  Gambar di bawah adalah contohnya

ms-0107

Selanjutnya kita dapat menampilkan koordinat melalui Coordinate View. Pilih View  Coordinate View.

ms-0108

Maka akan muncul gambar seperti di bawah.

ms-0109

Jika citra memiliki informasi koordinat, maka kita dapat menampilkan koordinat sesuai unit yang digunakan. Pada pojok kiri atas gambar di atas kita dapat mengganti unitnya misal meter, kilo meter, atau baris dan kolom., Kita juga dapat menampilkan luasan area yang  menarik bagi kita, yaitu dengan cara buat kotakan pada area yang akan kita perbesar dengan klik kiri kemudian tarik hingga berbentuk kotak. Maka pada luasan area akan muncul jumlah piksel atau luasan dalam bentuk unitnya. Skala citra juga muncul disampingnya.

Selanjutnya menampilkan citra per saluran melalui display side-by-side, untuk memeriksa kualitas data. Pilih menu Processor Display Image,

ms-0110

maka muncul kotak dialog box Set Display Specification for: pilih Display Type : Side by Side Channels

ms-0111

Kemudian klik Ok, maka akan muncul gambar di bawah.

ms-0112

Tampilan side by side chanel menunjukkan citra gray scale pada setiap saluran, dimana dalam citra tersebut merupakan saluran panjang hijau, merah dan inframerah dekat. Side by side chanel juga berguna untuk memastikan bahwa antar saluran sudah teregistrasi dengan benar. Dengan kata lain, pada lokasi yang sama terletak pada piksel yang sama pasa seluruh saluran citra.

Selanjutnya cara untuk menampilkan citra denga saluran tunggal atau hasil pengolahan seperti indeks vegetasi.  Pilih menu Processor Display Image, maka muncul dialog box Set Display Specification for: pilih Display Type : 1-Chanel Thematic

ms-0113

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah

ms-0114

Data nilai dikelompokkan berdasarkan pembagian secara default seperti ditampilkan di legenda bagian kiri. Atau kita juga bisa mengubah nilai legenda yang lebih mencerminkan nilai unit yang sebenarnya dengan mengalikan Legend factor pada dialog box  Set Display Specification for: Legend factor,  masukkan angka yang kitainginkan, seperti gambar di bawah

ms-0115

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah

ms-0116

Kita juga bisa mengubah nilai pada secara langsung, yaitu dengan mengklik pada legenda dua kali. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah, masukkan rentang nilai yang kita butuhkan.

ms-0117

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s