PENGGUNAAN SCRIPT ATAU MAP CALCULATION DI ILWIS

Tujuan: Memahami penggunaan script atau map calculation di ILWIS

Materi sebelumnya membahas tentang pembuatan scattergram menggunakan metode konvensional; kali ini saya akan memandu teman-teman untuk membuat scattergram menggunakan script di perangkat lunak ILWIS. Namun, saya akan jelaskan sedikit tentang penggunaan script di ILWIS sebelum ke pembuatan scattergram.

Script adalah list urutan  ekspresi (expression) atau perintah (command) di ILWIS atau secara general masuk dalam kategori Mapcalculation. Map calculation mempunyai beberapa fungsi yaitu: (1) mengeksekusi analisis dan pemodelan spasial, (2) menghubungkan data tabular dan spasial, dan (3) melakukan query dan overlay pada data raster (ILWIS Help, 2015).

Secara sederhana, map calculation  menggunakan script untuk mengeksekusi suatu perintah di ILWIS. Perintah ini berupa analisis dan pemodelan spasial, misalnya tentang pembuatan scattergram. Contoh scattergram ini pula yang menghubungkan data spasial (citra satelit) dan data tabular (cross table) untuk overlay 2 data raster dan query data korelasi nilai pikselnya saja.

Map calculation dilakukan dengan menulis script di “Command Line” atau di “Operation-Tree” (tutorial ini hanya fokus  pada penggunaan command line). Untuk ‘memanggil’ suatu file dalam suatu map calculation, baik melalui command line atau operation tree, format penulisannya adalah:

‘Direktori\namafile’.formatfile

contoh:

‘E:\Project 1\03_Cara Membuat Scatter plot di ILWIS\Landsat24Juni2013_NDVI’.mpr

Setiap bagiannya diartikan sebagai:

  1. ‘ …. ‘ adalah tanda petik buka dan petik tutup sebagai tanda awal dan akhir, syarat mutlak memanggil file dan tidak boleh diganti simbol lain.

  2. E:\Project 1\03_Cara Membuat Scatter plot di ILWIS\ adalah direktori file yang akan dibuka.

  3. Landsat24Juni2013_NDVI adalah nama filenya.

  4. .mpr adalah format filenya.

Metode Script

Pahami letak command line. Gambar dibawah menunjukan letak command line di perangkat lunak ILWIS.

Setelah ILWIS dan data raster terbuka seperti pada langkah 1 tutorial sebelumnya, maka buatlah cross table dengan menulis script/perintah pada command line.

Script untuk membuat cross table adalah:

OUTTABLE = TableCross(FirstInputMap, SecondInputMap)

Setiap bagiannya diartikan sebagai:

  1. OUTTABLE adalah nama file hasil cross table, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Syarat penulisan nama file adalah: semua huruf kapital, hindari simbol2 misalnya : -, :, /, dll

  2. TableCross adalah perintah untuk melakukan cross table pada raster 1 dan 2

  3. FirstInputMap, SecondInputMap adalah raster 1 dan raster 2 yang akan dilakukan overlay/disilangkan.

Perintah command line ini dapat dilihat di menu Help > How to … > Cross > Command Line. Untuk perintah lainnya bisa dilihat di Command Line pada setiap pilihan metode analisis/pemodelan spasial.

Ketik script tersebut pada command line, nama file sesuaikan dengan kebutuhan. Kali ini saya menulis script:

CROSSTABLE_EVI2VSNDVI_SCRIPT = TableCross (‘E:\Project 1\03_Cara Membuat Scatter plot di ILWIS\Landsat24Juni2013_EVI-2’.mpr, ‘E:\Project 1\03_Cara Membuat Scatter plot di ILWIS\Landsat24Juni2013_NDVI’.mpr)

Tekan enter untuk mengeksekusi script. Hasilnya berupa file cross table dengan  nama CROSSTABLE_EVI2VSNDVI_SCRIPT.

Buat scattergram menggunakan hasil cross table tersebut menggunakan langkah yang ada di tutorial sebelumnya (saya belum nemu scriptnya -_-)

Buka Help > Map and Table calculation untuk penjelasan lain tentang map calculation menggunakan ekspresi atau perintah lain. Gabungan dari ekspresi (expression) mejadi perintah (command) kemudian menyatu menjadi sebuah script.

Sumber

  • ILWIS Help

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s