Koreksi Radiometrik Menggunakan QGIS:Semi Automatic Classification Part 1

Koreksi radiometrik secara pembuatan bisa di lakukan dengan banyak cara dan banyak tahapan. Jika menggunakan koreksi yang manual kita membutuhkan beberapa proses dan beberapa rumus yang sangat memusingkan. Jika cara manual proses koreksi radiometrik kita membutuhkan proses konversi DN ke TOA Reflectance maupun TOA Radiance dengan menggunakan rumus:

Lλ = MLQcal + AL

Dimana:

Lλ          = TOA spectral radiance (Watts/( m2 * srad * μm))
ML         = Nilai rescalling factor yang bisa di dapat dari metadata citra  (RADIANCE_MULT_BAND_x, where x is the band number)
AL          = Nilai rescaling factor dari band tersebut yang bisa di dapat dari metadata citra  (RADIANCE_ADD_BAND_x, where x is the band number)
Qcal        = Band yang akan di lakukan koreksi radiometrik (DN)

ρλ = MρQcal + Aρ

Dimana:

ρλ          = TOA spectral reflectance.
Mρ         = Nilai rescalling factor yang bisa di dapat dari metadata citra      (REFLECTANCE_MULT_BAND_x, where x is the band number)
Aρ          = Nilai rescaling factor dari band tersebut yang bisa di dapat dari metadata citra (REFLECTANCE_ADD_BAND_x, where x is the band number)
Qcal        = Band yang akan di lakukan koreksi radiometrik (DN)

Tapi dengan menggunakan QGIS sekarang kita  bisa melakukan koreksi radiometrik dan sekalian koreksi atmosferik DOS 1, bisa di lakukan dengan sekali “klik” saja. Pertaman kita harus menginstal Plug in Semi Automatic Classification. Untuk cara instal Plugin di QGIS bisa di lihat di : https://rosegislabs.wordpress.com/2016/11/01/menginstal-plugin-qgis/. Setelah di instal maka akan ada toolbar tambahan pada tampilan QGIS kita akan seperti:

plugin

 Akan ada satu baris toolbar yang paling bawah itu merupakan tollbar dari tambahan Plugin ini. Untuk melakukan koreksi radiometrik kita hanya perlu melakukan klik pada toolbar preprocessing (pepross ) setelah klik toolbar tersebut akan muncul window preprocessing seperti ini:

window_sca

Dari tab preprocessing ini ada beberapa citra yang bisa di lakukan koreksi, di antaranya Landsat, Sentinel, Aster dan beberapa citra yang lain. Pada pelatihan kali ini kita hanya melakukan koreksi untuk citra Landsat saja. Untuk memasukkan data ini kita bisa klik pada tab buka (tab_buka). Jika di masukkan maka di bagian metadata akan muncul informasi dari citra tersebut.

data-landsat

Data dari citra ini bisa keluar jika kita download langsung data dari web USGS atau dari Earth Exploler, sehingga di dalam data tersebut terdapat data .MTL yang merupakan metadata dari citra tersebut

mtl

Setelah itu kita tinggal running sistem ini dengan klik tombol run (run), tapi jika kita ingin menambahkan koreksi atmosferik DOS 1 kita tinggal mencentang tentang menambahkan koreksi atmosferik DOS 1.

atmosferik

Jika sudah tinggal di Run saja, lama melakukan proses ini tergantung pada processing laptop dan akan berbeda antara satu laptop dengan yang lain, jika sudah di running akan terlihat seperti ini:

running

Jika sudah selesai maka akan muncul hasil koreksi radiometrik dengan awalan huruf “RT” pada data yang telah di buat akan muncul di bagian layer

layer

Jika kita bandingkan DN sebelum di koreksi dan sesudah di koreksi hasilnya akan terlihat:

Mungkin ini untuk koreksi radiometrik menggunakan QGIS. Pembahasan Plugin SAC akan di ulik pada postingan  berikut nya

Semoga Bermanfaat

T H A N K S

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s