CARA IMPORT DATA RASTER DI ILWIS

Tujuan:  Mengetahui cara memasukkan data raster khususnya citra Landsat 8 (*.TIFF) di perangkat lunak ILWIS.

Data raster adalah data yang terdiri dari piksel-piksel, biasanya berupa citra penginderaan jauh yang digunakan untuk memperoleh informasi spasial baik melalui interpretasi visual maupun interpretasi digital. Data raster yang dapat dimasukan di perangkat lunak ILWIS adalah data dengan format: Arc/Info ASCII, Arc/Info .E00, Compuserve-GIF, Erdas-GIS, Erdas-LAN, IDA image, Idrisi map, ILWIS ASCII, Paintbrush-PCX, TIFF, dan Windows bitmap.

Landsat 8 hasil unduhan dari USGS (http://glovis.usgs.gov/) memiliki format data *.TIFF yang dapat dibuka menggunakan perangkat lunak ini. Namun, untuk mengolah data tersebut diperlukan konversi menjadi sesuai format ILWIS. Terdapat tiga jenis langkah untuk memasukkan dan merubah data raster ke perangkat lunak ini, antara lain: melalui “menu file” pada jendela utama, “operation tree” atau di “operation-list”. Data mentah (sebelum) dan sesudah dirubah harus berada pada direktori yang sama. Proses memasukkan dan merubah format data tersebut akan dijelaskan pada langkah-langkah dibawah ini.

Memasukan dan merubah data raster *.TIFF melalui “menu file”

Buka perangkat lunak ILWIS yang ada di komputer anda.

Klik “file” pada jendela utama dan pilih “import”

Terdapat pilihan ILWIS, Geospatial Data Abstarction Library (GDAL), Postgres, Aster, ActiveX Data Objects (ADO), dan OGC. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, pada kasus ini pilihlah ILWIS à raster à Tagged Image File Format (TIFF).

Pilihlah file yang akan dimasukan dan dikonversi pada opsi “input” dengan mencarinya pada folder dimana terdapat data raster TIFF yang anda butuhkan. Pastikan folder sebagai tempat penyimpanan data mentah dan data hasil konversi sam, misalnya: “02_Cara Import Data Raster di ILWIS”. Kemudian klik “open”.

Hapus tanda centang pada “output name matches input” sehingga nama file hasil konversi tidak sama dengan nama file mentah.

Pilih opsi “output” untuk menyimpan hasil konversi. Kemudian beri nama file hasil konversi, misalnya “Landsat8_B5_TIFF”, pada kotak “file name” dan perhatikan pada kotak “save as type”, file tersebut akan berubah menjadi “ILWIS object (*.mpr)”. Kemudian klik “save”.

Klik “ok” pada kotak dialog Import.

Tunggu sampai proses konversi selesai dan muncul 4 jenis file (*.csy, *.dom, *.grf, dan *.mpr) dengan nama “Landsat8_B5_TIFF” pada jendela utama ILWIS. File format *.TIFF sudah berhasil diimpor dan dikonversi menjadi format data ILWIS (*.mpr).

Memasukkan dan merubah data raster *.TIFF melalui “operation tree”

Lihat jendela “Operation-Tree”. Klik ganda pada “Import/Export”. Klik ganda pada “Import General Raster”. Kemudian kotak dialog “Import” akan terbuka.

Pilih “Import Format” menjadi “Tagged Image File Format .TIF”. Pilih data raster *.TIFF yang akan dikonversi menjadi data *.mpr. Ketik nama file, misalnya “Landsat8_B5_TIFF_OperationTree” pada kotak “Output Filename”. Pastikan sudah terbuat folder penyimpanan yang sama antara data mentah dan data konversi. Klik “Ok”.

Tunggu proses konversi selesai. Hasilnya akan ditampilkan di jendela utama ILWIS seperti pada proses “menu file” sebelumnya.

Memasukan dan merubah data raster *.TIFF melalui “operation-list”

Klik “Operations” pada menu utama ILWIS. Pilih “Import/Export”. Klik “Import”. Kemudian kotak dialog “Import” akan terbuka.

Tahap selanjutnya sama dengan langkah nomor 2 hingga nomor 3 pada proses “operation tree”.

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s