MEMBUAT MOZAIC (MENGGABUNGKAN) DAN MEMOTONG DATA RASTER MENGGUNAKAN QGIS

Tutorial ini membahas tentang operasi dasar pada data raster dalam QGIS seperti menampilkan raster, membuat mozaic (menggabungkan) dan memotong data raster. Dalam kasus ini kita akan menggabungkan atau membuat mozaic DEM SRTM 30 m wilayah Jawa Timur, khususnya Banyuwangi dan sekitarnya. Data SRTM tersebut dapat diunduh melalui earthexplorer.usgs.gov, dimana kita harus mendaftar dulu sebelum dapat mengunduh data tersebut. Data yang digunakan aadalah S09E114.hgt, S09E113.hgt, S08E114.hgt, dan S08E113.hgt.

Pertama buka QGIS. Untuk menampilkan data, pilih Layer Add Layer   Add Raster Layer…, pilih yang berformat .hgt

qgis-0717

Akan muncul DEM seperti gambar di bawah, dimana terlihat masih terpotong – potong DEMnya. Sehingga perlu di gabungkan untuk dapat dianalisis sesuai dengan yang kita butuhkan.

qgis-0701

Untuk menggabungkan, pilih menu Raster Miscellaneous Merge.

qgis-0702

Maka muncul dialog box Merge. Pilih Select (Input file) untuk mencari file yang akan kita gunakan. Pilih format yang sesuai yaitu .hgt dan pilih semua file ( <Ctrl> +A ).

qgis-0703

Kita juga dapat memilih file berdasarkan foldernya, jika dalam folder hanya ada file yang akan kita gunakan (seperti lingkaran merah di dialog box di bawah).

qgis-0704

Untuk Output file , kita dapat memberi nama yang sesuai dan juga format yang kita butuhkan, dalam kasus ini kita menyimpannya dalam bentuk .tif ( Mozaic_Banyuwangi.tif ). Untuk memunculkan hasil penggabungan pilih Load into canvas when dan klik OK.

qgis-0705

Jika sudah selesai kita akan mendapatkan SRTM yang telah termozaic, dimana sudah tidak terlihat garis-garis patahnya dan sudah menyatu.

Karena yang kita butuhkan hanya kompleks Gunung Ijen. Maka kita akan mencoba membuat vektor batas kajian dalam bentuk shapefile untuk memotong data raster hasil gabungan. Berikut caranya membuat data vektor.

 Pilih menu Layer Create Layer New Shapefile Layer…

qgis-0706

Maka mucul dialog box New Vector Layer,

qgis-0707

Pada Type pilih polygon, karena kita akan membuat batas kajian. Jika kita perlu memasukkan attribut, masukkan nama attribut yang sesuai. Untuk menambahkannya, klik pada Add to attribute list.  Kemudian klik OK. Maka muncul dialog box untuk menyimpan shapefile yang kita buat.

qgis-0708

Untuk mengaktifkan toolbar pembuat poligon, pilih mada toogle editing, seperti gambar di bawah.

qgis-0709

Kemudian pilih Add Feature, untuk mulai mengedit.

qgis-0710

Kemudian kita bisa digitasi pada wilayah yang kita butuhkan, dan hasilnya seperti berikut

qgis-0711

Jika sudah cukup dan sesuai dengan wilayah yang kita butuhkan maka klik kanan untuk mengakhiri editing atau mendigitasi, maka akan muncul dialog box untuk mengisi attribut yang telah kita buat sebelumnya pada dialog box New Vector Layer.

qgis-0712

Maka shapefile terbentuk dan dapat dilihat berwarna biru, seperti gambar di bawah.

qgis-0713

Sekarang kita siap untuk memotong data raster menggunakan bantuan data vector tersebut. Untuk memotong, maka pilih menu Raster Extraction Clipper…,

qgis-0714

Maka mucul dialog box Clipper, untuk memasukkan data raster yang termozaic yaitu Mozaic_Banyuwangi.tif. Pada Clipping mode : pilih berdasarkan mask layer untuk memilih cara memotong berdasarkan wilayah yang kita butuhkan. Sementara Extent ; akan memotong berbentuk kotak. Pilih Load into canvas when finished dan kemudian klik Ok.

qgis-0715

Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut, terlihat wilayah yang hanya kita butuhkan.

qgis-0716

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

2 Comments

  1. sy sudah mencoba untuk menggabungkan bebrapa file dem dengan cara mengikuti tutorial di blog ini tapi hasinya tidak bisa terus mohon solusinya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s