CARA DOWNLOAD DAN INSTAL ILWIS

Tujuan: mengetahui cara download dan intalasi perangkat lunak ILWIS

Perangkat lunak ILWIS (Integrated Land and Water Information System) merupakan salah satu perangkat lunak ‘gratis’ untuk pengolahan data spasial baik yang berbasis vektor ataupun raster. Perangkat ini dikembangkan dari Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation, University of Twente untuk kepentingan studi geografi fisik khususnya lahan dan hidrologi.

A. Cara Download ILWIS Open

Kunjungi situs ini http://52north.org/communities/ilwis/ilwis-open/download untuk mendapatkan ILWIS versi terbaru. Berdasarkan situs komunitas 52north tersebut, versi terbaru ILWIS adalah versi 3.8.5 yang dirilis tanggal 03 Sept 2015

ilwis-0101

Terdapat dua pilihan yaitu multiple file download dan package. Pilih package untuk mengunduh dalam satu paket instalasi lengkap. Kemudian klik download.

ilwis-0102

 Tunggu sampai pengunduhan selesai untuk file ukuran 27.2 mb tersebut.
ilwis-0103
Perangkat ILWIS sudah siap dipasang di komputer anda.

B. Cara Instal ILWIS Open

Buka file hasil unduhan diatas menggunakan WinRar atau perangkat lunak semacamnya. Kemudian ekstrak file-file tersebut ke tempat penyimpanan yang anda inginkan.

ilwis-0104

Untuk memulai instalasi, buka file hasil ekstraksi tersebut, kemudian pilih “setup”. Kemudian klik “next” untuk melanjutkan instalasi.

ilwis-0105

Kemudian akan muncul kotak dialog untuk memilih user. Ada dua pilihan yaitu install untuk semua orang yang menggunakan komputer anda atau untuk diri anda sendiri. Pilihan ini disesuaikan kebutuhan anda, kali ini pilih opsi pertama yaitu Install for anyone using this computer. Klik “next”

ilwis-0106

Untuk instalasi perangkat lunak ini dibutuhkan ruang memori 70.4 mb pada komputer anda. Pilih tempat anda melakukan instalasi. Untuk mengubahnya, klik “browse” dan pilih destinasi folder. Kemudian klik “OK”.

ilwis-0107

Jika lokasi folder sudah ditentukan kemudian klik “next”.

ilwis-0108

Akan muncul kotak dialog Choose Start Menu Folder untuk memilih folder tempat penyimpanan hasil instalasi pada menu Start komputer anda. Klik “Install”. Kemudian akan berlangsung proses instalasi seperti gambar dibawah. Tunggu sampai proses selesai (100%).

ilwis-0109

Klik “next” setelah proses selesai,

ilwis-0110

dan terkahir klik “finish”, Perangkat lunak ILWIS Open 3.8.5 sudah siap dipakai.

ilwis-0111

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s