MENGINSTAL PLUGIN QGIS

Tutorial kali ini kita akan membahas tutorial bagaimana cara menginstall plugin dalam QGIS, yang dikembangkan oleh para pengembang QGIS atau pengguna individu/independent untuk menambah kekayaan fungsi QGIS. Bahasan utama dalam tulisan ini adalah bagaimana mengaktifkan Core Plugins QGIS, mengunduh dan menginstal External Plugins.

Core Plugins merupakan plugin yang sudah ada bersamaan ketika QGISdiinstal pertama kali. Untuk menggunakan plugin tersebut kita hanya butuh mengaktifkannya.

qgis-0401

Meskipun, jika ini merupakan pertama kali menggunakan Qgis, kita akan melihat banyak plugin yang telah terinstal pada dialog box plugin Manager. Untuk mengaktifkannya tinggal centang pada plugins yang belum tercentang, dan jika ingin membuat plugin tidak aktif tinggal hilangkan centang pada plugin.

qgis-0402

Untuk mengkatifkan tinggal centang, satu yang perlu untuk diperhatikan adalah plugin dapat dimasukkan pada lokasi manapun pada menu, dan dapat memunculkan panel baru dan toolbar. Kadang – kadang sulit mencari plugin hasil instal di menu, untuk itu maka perhatikan kategorinya pada deskripsi plugin apakah vector atau raster atau lainya.

qgis-0404

Maka jika dicentag akan mucnul plugin tersebut seperti di bawah.

qgis-0403

External plugins tersedia dalam QGIS Plugins Repository dan butuh untuk diinstal oleh pengguna sebelum menggunakan mereka. Untuk menginstal mereka caranya sama melalui plugin Manager tool.

Pilih menu Plugins ‣ Manage and Install Plugins…. pilih pada tabs Not Installed, maka akan muncul plugin yang belum terintall.

qgis-0406

Sedangkan jika memilih tabs All, maka seluruh plugin yang belumdan sudah terinstal akan muncul.

qgis-0405

Pada kasus ini kita akan mengisntal plugin Floodrisk, cari dengan mengeser atau menggunakan search,

 qgis-0408

Setelah diklik Install plugin, maka muncul seperti ini

qgis-0407

Sekarang kita telah belajar bagaimana menemukan dan menginstal External Plugin. Terkadang kita mencari plugin yang spesifik tetapi kita tidak menemukaanya pada tab – tab yang telah ada, hal tersebut bisa jadi karena plugin masih dalam tahap Experimental. Berikut adalah cara mencari dan menginstal plugin Experimental.

Plugins ‣ Manage and Install Plugins,  pilih pada tab Setting

qgis-0409

Centang Show also experimental plugin

qgis-0410

Jika kita pertama kali mencentang experimental plugin maka akan muncul tab baru yang bertuliskan New, tetapi jika kita sudah pernah menggunakannya maka tab baru tidak muncul dan kita dapat mencari plugin tersebut pada tab Not installed.

qgis-0411

Selain itu juga terdapat tab Invalid,tab ini berisikan plugin yang tidak dapat dipakai atau pluginnya rusak. Sehingga kita dengan mudah menemukannya atau jika terdapat pada tab Installed atau All maka plugin tersebut berwarna merah.

qgis-0412

Sumber : http://google.com/+UjavalGandhi

*** SEMOGA BERMANFAAT ***

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s