MENGHITUNG JARAK OBJEK MENGGUNAKAN QGIS

Menghitung jarak obyek pada beberapa aplikasi GIS sangat diperlukan, misalkan untuk menghitung jarak suatu titik dari sebuah sungai, dari suatu pemukiman atau dari beberapa obyek lain – yang digunakan dalam melakukan analisis GIS.

Jika menggunakan ArcGIS, kita hanya perlu menggunakan satu tools yaitu Euclidean Distance yang memungkinkan kita menghitung jarak suatu titik dari obyek yang kita inginkan.

eclideance

Di tools ini, kita tinggal men-setting ukuran pixel yang kita inginkan dan hasilnya menjadi sebuah data raster dengan nilai raster berupa jarak dari obyek yang kita inginkan.

Untuk penggunaan Quantum GIS, ada beberapa step yang perlu dilakukan untuk membuat analisis jarak terhadap obyek ini, yaitu proximity (Proximity) yang merupakan tools untuk menghitung jarak dari sebuah obyek. Tools ini berada pada menu Raster -> Analysis-> Proximity (Raster Distance).

proximity-full

Pada tools ini, hal yang menjadi kendala adalah kita tidak bisa memasukkan data vector sebagai data input sehingga kita harus memiliki data rasternya terlebih dahulu. Untuk membuat data raster,Quantum GIS sudah menyediakan tools untuk mengkonversinya yaitu rasterize (Razterize). Tools ini ada di menu Raster -> Conversion -> Rasterize.

rasterize-full

Dalam melakukan konversi ini, dibutuhkan field yang berisi nilai dari obyek yang akan digunakan. Untuk itu biasanya penulis menambahkan satu field dan menambahkan nilai 1 (satu) sehingga obyek tersebut dianggap satu obyek dan bukan dua obyek.

add-cloum

Kita dapat menambahkan kolom dalam keadaan edit mode di Atribute Table dari data vector kita. Kemudian dengan tools add-cloum-tools, cukup tambahkan nama field ID saja dan untuk karakter bisa diisikan bebas. Setelah field tersebut jadi, kita isikan nilai 1 (satu) menggunakan Field Calculator filed-calculator-tools.

filed-calculator-full

Kemudian menggunakan bagian Update Existing Field, pilih field yang baru dibuat yaitu id dan pada Colom Expression ditulis angka 1, lalu tekan OK, maka semua kolom akan terisi dengan angka 1 (satu).

table

Setelah semuanya siap, maka kita bisa melakukan mengubah data vector tersebut menjadi data raster.

rasterize-contoh

Kita masukkan data vector yang sudah dibuat, kemudian pada Atribute Table pakai fieldid” yang sudah dibuat dan raster resolusinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah selesai, maka akan jadi data raster dari vector dengan nilai pada vector adalah nilai yang kita berikan dan yang lain adalah (0) nol.

raster

Setelah itu semua selesai maka kita dapat melakukan analisis jarak dari data tersebut, menggunakan Proximity (Raster distance).

procximity_hasil

Kitapun dapat memilih satuan (unit) pengukuran berdasarkan jarak dalam hitungan “Geo” maupun “Pixel”. Geo menghitung jarak dalam satuan ilmu geografi misalnya meter atau derajat, sedangkan Pixel hanya menghitung berapa jumlah pixel dari obyek yang kita tentukan.

hasil-proximity

Demikianlah cara menghitung jarak obyek menggunakan Quantum GIS.

*** SEMOGA BERMANFAAT ***.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s